Senin, 07 Februari 2011

artikel pendidikan


PENDIDIKAN GRATIS

Impian masyarakat akan datangnya pendidikan gratis yang telah ditunggu-tunggu dari sejak zaman kemerdekaan Republik Indonesia telah muncul dengan seiring datangnya fenomena pendidikan gratis untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Fenomena pendidikan gratis ini memang sangat ditunggu-tunggu, pasalnya Pemerintah mengeluarkan dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) untuk menutupi harga-harga buku yang kian hari kian melambung, sumbangan ini itu, gaji guru yang tidak cukup dan biaya-biaya lainnya.

Pro Kontra Pendidikan Gratis


Dilihat dari perkembanganya, fenomena ini tidak lepas dari pro dan kontra. Bagi yang pro dengan program-program itu mengatakan bahwa itu adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan penurunan angka anak putus sekolah, sekolah gratis bagi orangtua bisa mengurangi beban pikirannya untuk masalah biaya pendidikan dan tidak ada lagi anak-anak yang tidak boleh ikut ujian hanya karena belum bayar iuran sekolah. Sedangkan yang kontra berkata pemerintah bagaikan pahlawan kesiangan, Hal ini dikarenakan telah ada yang lebih dulu melakukan hal tersebut, yaitu LSM-LSM yang concern pada bidang pendidikan dan penanganan masyarakat tak mampu. Adanya kurang rasa harus sekolah, kesadaran akan pendidikan sangat kurang, anak lebih mementingkan pekerjaan dari pada harus sekolah yang tidak mengeluarkan apa-apa. Biaya pendidikan gratis hanya sampai dengan Sekolah Menengah Pertama sedangkan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas tidak. Sedangkan tamatan Sekolah Lanjutan Tingkat Ataslah yang merupakan tombak utama dan usia yang mapan untuk mencari pekerjaan serta penghasil devisa negara.

Sekolah menjadi bermutu karena ditopang oleh peserta didik yang punya semangat belajar. Mereka mau belajar kalau ada tantangan, salah satunya tantangan biaya. Generasi muda dipupuk untuk tidak mempunyai mental serba gratisan. Sebaiknya mental gratisan dikikis habis. Kerja keras, rendah hati, toleran, mampu beradaptasi, dan takwa, itulah yang harus ditumbuhkan agar generasi muda ini mampu bersaing di dunia internasional, mampu ambil bagian dalam percaturan dunia, bukan hanya menjadi bangsa pengagum, bangsa yang rakus mengonsumsi produk. Paling susah adalah pemerintah menciptakan kondisi agar setiap orangtua mendapat penghasilan yang cukup sehingga mampu membiayai pendidikan anak-anaknya.

Tidak hanya murid saja melainkan guru yang terkena imbas dari pendidikan gratis ini. Kebanyakan dari guru sekolah gratisan mengalami keterbatasan mengembangkan diri dan akhirnya akan kesulitan memotivasi peserta didik sebab harus berpikir soal ”bertahan hidup”. Lebih celaka lagi jika guru berpikiran : pelayanan pada peserta didik sebesar honor saja. Jika demikian situasinya, maka ”jauh panggang dari api” untuk menaikkan mutu pendidikan.

Sekolah, terutama sekolah swasta kecil, akan kesulitan menutup biaya operasional sekolah, apalagi menyejahterakan gurunya. Pembiayaan seperti listrik, air, perawatan gedung, komputer, alat tulis kantor, transpor, uang makan, dan biaya lain harus dibayar. Mencari donor pun semakin sulit. Sekolah masih bertahan hanya berlandaskan semangat pengabdian pengelolanya. Tanpa iuran dari peserta didik, bagaimana akan menutup pembiayaan itu.

Kualitas Pendidikan vs Pendidikan Gratis


Pemberlakuan sekolah gratis bukan berarti penurunan kualitas pendidikan, penurunan minat belajar para siswa, dan penurunan tingkat kinrerja guru dalam kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan. Untuk itu bukan hanya siswa saja yang diringankan dalam hal biaya, namun kini para guru juga akan merasa lega dengan kebijakan pemerintah tentang kenaikan akan kesejahteraan guru. Tahun 2009 ini pemerintah telah memutuskan untuk memenuhi ketentuan UUD 1945 pasal 31 tentang alokasi APBN untuk pendidikan sebesar 20%. Sehingga akan tersedianya anggaran untuk menaikkan pendapatan guru, terutama guru pegawai negeri sipil (PNS) berpangkat rendah yang belum berkeluarga dengan masa kerja 0 tahun, sekurang-kurangnya berpendapatan Rp. 2 juta.
Dari dana BOS yang diterima sekolah wajib menggunakan dana tersebut untuk pembiayaan seluruh kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru, sumbangan pembiayaan pendidikan (SPP), pembelian buku teks pelajaran, biaya ulangan harian dan ujian, serta biaya perawatan operasional sekolah.

Sedangkan biaya yang tidak menjadi prioritas sekolah dan memiliki biaya besar, seperti: study tour (karyawisata), studi banding, pembelian seragam bagi siswa dan guru untuk kepentingan pribadi (bukan inventaris sekolah), serta pembelian bahan atau peralatan yang tidak mendukung kegiatan sekolah, semuanya tidak ditanggung biaya BOS. Dan pemungutan biaya tersebut juga akan tergantung dengan kebijakan tiap-tiap sekolah, serta tentunya pemerintah akan terus mengawasi dan menjamin agar biaya-biaya tersebut tidak memberatkan para siswa dan orangtua. Bagaimana jika suatu waktu terjadi hambatan atau ada sekolah yang masih kekurangan dalam pemenuhan biaya operasionalnya? Pemerintah daerah wajib untuk memenuhi kekurangannya dari dana APBD yang ada. Agar proses belajar-mengajar pun tetap terlaksana tanpa kekurangan biaya.

Melihat kondisi diatas, semua itu adalah usaha pemerintah untuk mensejahterahkan rakyatnya dalam hal ekonomi dan pendidikan, tapi alangkah baiknya tidak memberlakukan sekolah gratis melainkan sekolah murah, dan program bea siswa. Mengapa sekolah harus murah. Diantaranya; sekolah murah adalah harapan semua orang, tidak hanya para murid dan orangtuanya, namun juga para guru selagi kesejahteraannya mendapatkan jaminan dari pemerintah. Sekolah murah dalam banyak hal bisa menyenangkan, tanpa dibebani tanggungan biaya sekolah sang anak yang mahal, orangtua dapat tenang menyekolahkan anaknya dan urusan pencarian dana untuk memenuhi kebutuhan keluarga lebih dikosentrasikan kepada kebutuhan sandang, pangan, papan dan kesehatan. Sang anak pun bisa tenang melakukan aktivitas pendidikan, sebab tidak lagi merasa menjadi beban bagi orangtua.

Dan bukankah suasana yang menyenangkan salah satu faktor terpenting dalam proses belajar-mengajar? Bagaimana peserta didik dapat belajar dengan baik jika konsentrasinya harus terbagi memikirkan dana sekolahnya yang belum terlunasi orangtuanya. Ataupun waktu di luar sekolahnya harus terbagi untuk membantu orangtuanya mencari tambahan penghasilan. Tidakkah kasus murid-murid yang bunuh diri karena biaya sekolah yang mencekik belum menjadi peringatan?

Adanya sekolah murah yang dana aktivitas pendidikannya terbanyak atau sepenuhnya ditanggung pemerintah, bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat akan peran dan keberadaan pemerintah. Kebijakan-kebijakan pemerintah akan segera didengar dan dipatuhi masyarakat selagi masyarakat benar-benar merasa pemerintah berada di pihak mereka dan berusaha menyejahterahkan masyarakatnya. Sebaliknya, pemerintah pun akan memiliki bargaining politik yang kuat. Salah satu prasyarat pemerintahan yang kuat dan berdaulat adalah harus mendapatkan cinta dari rakyatnya. ***


artikel perbankan
Krisis perbankan di Indonesia dewasa ini tergolong yang paling parah dan relatif termahal di dunia sepanjang abad lalu.Beban biaya restrukturisasi perbankan nasional yang ditanggung oleh perekonomian mencapai 47% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

DUA PENYEBAB UTAMA KEHANCURAN PERBANKAN INDONESIA YANG DIMULAI SAAT KRISIS EKONOMI 1997
  • Terlalu longgarnya aturan perbankan,terutama sejak digulirkannya Paket Oktober 1988 (Pakto 88).Aturan ini memungkinkan langkah mendirikan bank begitu mudahnya,sehingga dalam waktu singkat,jumlah bank menjamur.
  • Bank dan sektor real kian terintegrasi di dalam jalinan kepemilikan seseorang atau sekelompok orang yang sama.Keadaan ini sebenarnya tidak membawa dampak yang terlalu negatif seandainya aturan main ditegakkan.Keadaannya semakin parah mengingat praktik-praktik bisnis dinaungi oleh suatu sistem politik tertutup yang otoriter dan korup. Maka,tatkala terjadi guncangan pada sendi-sendi politik otomatis bangunan usaha,termasuk perbankan,juga turut oleng.
ANALISIS KONDISI PERBANKAN NASIONAL TAHUN 2009

Selama periode Februari-Juni 2008 laju pertumbuhan kredit bulanan tercatat sebesar hampir 4 persen, angka ini menurun menjadi hanya sekitar 2 persen pada periode Juli-Desember 2008.
Memasuki 2009, pertumbuhan kredit minus 2,1 persen. Turunnya tingkat pertumbuhan hampir bisa dipastikan juga akan turut mengerek naik jumlah kredit bermasalah (NPL).

Penyebab dari melemahnya pertumbuhan kredit adalah seretnya likuiditas. Satu hal yang antara lain diindikasikan dari berkurangnya lebih dari dua kali lipat ekses likuiditas perekonomian yang disimpan dalam Sertifikat Bank Indonesia (SBI), fasilitas BI, dan fine tuning operation (FTO).

Beberapa pekan terakhir, likuiditas perekonomian memang sedikit tertolong oleh suntikan devisa dari negara-negara yang melakukan billateral swap agreement dengan Indonesia seperti Cina. Tambahan dana sebesar 12 miliar dolar AS juga rencananya akan dihasilkan bila komitmen ASEAN Plus 3 bisa segera direalisasikan. Berbagai suntikan devisa ini akan secara langsung mengurangi tekanan terhadap likuiditas domestik melalui mekanisme uang inti. Selain, suntikan dari luar, arus lalu lintas likuditas domestik juga agaknya banyak terbantu oleh pesta demokrasi Pemilu yang kini tengah hinggar bingar dirayakan.

Sayang, aliran likuiditas yang bertambah tidak serta merta bisa diterjemahkan dalam ekspansi kredit. Persoalannya, krisis global juga menyebabkan semakin akutnya segmentasi pasar perbankan domestik, yang menyebabkan suku bunga kredit komersial sulit turun (Baca: Deviasi BI Rate dan Suku Bunga Kredit).

Berbagai upaya terobosan yang diupayakan BI untuk mengatasi masalah ini, termasuk upaya penciptaan satu pooling fund, belum tanda-tanda menggembirakan. Bank masih saling enggan untuk meminjamkan dananya, karena profil risiko masing-masing yang belum sepenuhnya transparan. Solusi komprehensif segmentasi pasar perbankan ini agaknya harus menunggu sedikit lagi, hingga sah diundangkannya RUU Jaringan Pengaman Sistem Keuangan yang sampai saat ini masih berada di DPR.

Dengan berbagai masalah yang ada, tidak mengherankan bila laju pertumbuhan kredit sepnajang 2009 secara kumulatif bakal melambat di kisaran 15 persen persen. Begitu pula dengan perkiraan laju dana pihak ketiga yang hanya sebesar 11 persen.

Namun, sampai sejauh ini, perlambatan pertumbuhan kredit dan pemburukkan NPL tidak berdampak secara serius pada fundamental sistem perbankan domestik secara keseluruhan. Secara rata-rata, perbankan domestik masih memiliki rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio ––CAR) yang lebih dari cukup, sebesar 17 persen. Angka ini jauh di atas angka minimal sebesar 8 persen. Bantalan modal yang besar ini memungkinkan perbankan domestik untuk menyerap berbagai risiko yang mungkin timbul selama 2009. Pada awal 2009, tingkat NPL juga masih relatif terkendali di bawah 5 persen, meski sedikit meningkat dari angka 4 persen pada akhir 2008.

Fundamental perbankan yang baik ini merupakan modal yang sangat bernilai untuk mengarungi 2009. Tentu, pada tataran operasional perbankan, perlu ada upaya lebih untuk memperbaiki kinerja efisiensi ––yang saat ini masih tergolong cukup rendah dimana rasio BOPO masih sebesar 80an–– serta manajemen resiko dari masing-masing bank. Sebab dari pengalaman mutakhir yang ada, dalam kasus bank Indover dan Century, runtuhnya suatu bank kerap disebabkan oleh manajemen resiko yang amburadul bahkan kriminal.

Secara bersamaan, upaya perbaikan di skala mikro ini perlu dibarengi oleh upaya di tataran makro berupa konsolidasi perbankan. Konsolidasi yang kerap dilakukan melalui merger selain mengurangi keakutan problem segmentasi pasar perbankan, juga akan mengurangi beban pengawasan otoritas moneter.

Upaya lain pada tataran makro yang perlu terus dilanjutkan bahkan diperkuat adalah kebijakan tata kelola yang berhatihati (prudential regulation), termasuk dalam hal transaksi derivatif dan valuta asing yang sudah diterapkan. Kebijakan dari BI ini adalah salah satu yang telah menyelamatkan perbankan nasional hingga saat ini, sehingga perlu untuk diteruskan dan jangan justru dilonggarkan.

Di samping perbaikan manajemen resiko dan tata kelola bank, ada baiknya BI juga memberikan arahan sektoral bagi ekspansi kredit sebagai satu petunjuk operasional perbankan. Guidance ini tentunya harus bersifat spesifik dan berbeda pada masing-masing daerah. Pada titik ini, kantor-kantor BI yang tersebar di hampir seluruh pelosok nusantara harus difungsionalisasikan sebagai ujung tombang dalam memberikan arah sektoral yang bersifat lokal.
Eksistensi perbankan Indonesia akan sangat dipengaruhi oleh kemampuannya membaca perubahan-perubahan di lingkungan eksternalnya, baik pada lingkup nasional maupun internasional.Perbahan-perubahan yang penting untuk dicermati adalah :
  • Perubahan struktur dan karakter perekonomian nasional sebagai akibat dari perubahan struktur insentif pasca-krisis.
  • penerapan otonomi daerah.
  • fenomena globalisasi dan regionalisasi.
artikel administrasi umum
administrasi umum adalah suatu sistem yang melakukan tata kerja, tata laksana, serta invertarisasi secara keseluruhan terkait sebuah aktivitas perusahaan ataupun instansi tertentu. Administrasi umum sangat dibutuhkan untuk memperlancar semua tujuan yang telah ditetapkan pihak perusahaan.
Bila tidak ada administrasi umum, akan ada kekacauan dalam tata laksana program karena tidak adanya pendokumentasian, pengarahan, dan pengendalian program tersebut. Di sebuah perusahaan menengah, administrasi umum ini mencakup:
  1. aktivitas keluar masuk barang,
  2. sistem pengontrolan kualitas barang masuk dan keluar,
  3. aktivitas proses di internal perusahaan,
  4. aktivitas kepegawaian,
  5. aktivitas keuangan,
  6. aktivitas quality control,
  7. aktivitas product planning control,
  8. aktivitas penyimpanan,
  9. aktivitas hubungan masyarakat,
  10. aktivitas perawatan, dan
  11. struktur organisasi.
Aktivitas Keluar Masuk Barang
Ini adalah sebuah aktivitas pelayanan dan pengontrolan jika ada barang yang masuk dan keluar. Barang masuk harus dicocokkan antara jumlah, nama atau spesifikasi barang, dan surat jalan dengan barang. Secara bersamaan, sebaiknya aktivitas pengontrolan yang menjadi tugas quality incoming juga berjalan.
Hal tersebut dilakukan jika terjadi ketidaksesuaian dapat segera diambil tindakan. Jika semua dinyatakan OK, proses validasi di surat jalan dengan membubuhkan tanda tangan dilakukan dan pihak ekspedisi serta pihak perusaan sama-sama mendapatkan copynya.
Aktivitas Keluar Barang
Barang keluar harus berdasarkan surat jalan yang dibuat perusahaan. Pastikan jumlah barang, spesifikasi barang sesuai dengan surat jalan tersebut. Jangan lupa pastikan bahwa semua kemasan dalam kondisi baik.
Untuk validasi, jika semua tidak ada penyimpangan, bubuhkan tanda tangan di surat jalan tersebut dan cocokkan nama pengirim (ekspedisi), nomor angkutan, dan nama sopir harus tercantum dengan jelas. Untuk memastikan kualitas, nomor LOT mesti diinventarisasi. Terakhir, jangan lupa semua yang terlibat mendapatkan copynya.
Pengontrolan Barang Masuk
Pengontrolan barang masuk bertujuan untuk memastikan secara benar bahwa dari sisi standar kualitas produk, spesifikasi produk, dan jumlah produk sesuai dengan standar yang ada.
Aktivitas internal perusahaan adalah aturan main yang menjadi kesepakatan antarbagian dalam organisasi perusahaan itu. Ini akan lebih baik dibuat bagan interaksi antarbagian sehingga dapat menjadi panduan umum dalam melakukan aktivitas dan tidak ada saling lempar tanggung jawab.
Aktivitas Kepegawaian
Ini adalah kegiatan yang melakukan pencatatan, penghitungan dan kalkulasi pegawai, mulai presensi, kontrak kerja, presmi, perizinan keryawan, kesejahteraan karyawan, data karyawan gaji karyawan, dan tunjangan karyawan serta keluarga.
Aktivitas Keuangan
Bagian ini melakukan aktivitas, mulai pembiayaan operasional perusahaan, pembelanjaan, pembayaran gaji, pembayaran supplier, penagihan ke pelanggan, dan pajak.
Quality Control
Bidang ini sebaiknya dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu quality control incoming untuk barang masuk. Quality control ini bertujuan untuk memastikan bahwa barang yang masuk sesuai standar. Qulity control out going yang mengontrol dan memastikan bahwa barang yang dikirim sesuai kualitas standar dan sesuai surat jalan yang diminta.
Produk Planing Control
Bagian ini bekerja untuk mengatur sebuah aktivitas proses berdasarkan permintaan pelanggan lewat marketing. Pengaturan ini, meliputi spesifikasi, jumlah barang yang akan diproses, keterlibatan tenaga kerja, mesin mana yang akan dipakai untuk sebuah proses produksi.
Aktivitas Penyimpanan
Bagian ini juga memegang peran penting, asas FIFO (First In First Out) mesti dijalankan serta pengecekan berkala terhadap kualitas barang yang disimpan terjamin. Penyimpanan juga mesti mendata jumlah, spesifikasi, dan letak barang yang disimpan. aktivitas penyimpanan ini juga membuat planning dalam menentukan jumlah proses produksi yang akan dilakukan.
Humas
Humas mempunyai tugas untuk sosialisasi dengan masyarakat dan pemerintah agar terjamin komunikasi yang baik dan seimbang.
Aktivitas Perawatan
Bidang ini adalah tugas bagian teknik maintenance untuk memastikan semua fasilitas dan mesin bisa dipakai proses produksi. Maintenance sebaiknya mempunyai scheduling yang pasti dan secara konsisten dijalankan dengan baik dan benar.
Struktur organisasi ini akan menjadi ajuan dalam melakukan interaksi antarbagian. Dalam struktur organisasi, kita bisa melihat hubungan koordinasi dan hubungan komando dalam sebuah perusahaan.

artikel bisnis dan perdagangan

Tips Membuat Rencana Bisnis Efektif

http://www.ukmptk.com/sites/all/themes/IndagPontianak/images/PostDateIcon.pngSel, 11/01/2011 - 10:31
artikel ilmu scecience
Terjemahan Pengetahuan Ilmu Sains(Science) dalam Agama Islam
1. Apakah Ilmu itu ?
Ilmu merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, masdar dari ‘alima – ya’lamu yang berarti tahu atau mengetahui. Dalam bahasa Inggeris Ilmu biasanya dipadankan dengan kata science, sedang pengetahuan dengan knowledge. Dalam bahasa Melayu kata science umumnya diertikan Ilmu tapi sering juga diertikan dengan Ilmu Pengetahuan, meskipun secara konseptual mengacu pada makna yang sama. Untuk lebih memahami pengertian Ilmu (science) di bawah ini akan dikemukakan beberapa pengertian :

“Ilmu adalah pengetahuan tentang sesuatu bidang yang disusun secara bersistem menurut adab-adab tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu dibidang (pengetahuan) itu

“Science is knowledge arranged in a system, especially obtained by observation and testing of fact (And English reader’s dictionary)
“Science is a systematized knowledge obtained by study, observation, experiment” (Webster’s super New School and Office Dictionary)

dari pengertian di atas nampak bahwa Ilmu memang mengandung arti pengetahuan, tapi pengetahuan dengan ciri-ciri khusus iaitu yang tersusun secara sistematik atau menurut Moh Hatta (1954 : 5) “Pengetahuan yang terdapat dengan jalan yang diterangi disebut Ilmu”.

2. Kedudukan Ilmu Menurut Islam

Ilmu menempati kedudukan yang sangat penting dalam ajaran islam , hal ini terlihat dari banyaknya ayat AL qur’an yang memandang orang berilmu dalam posisi yang tinggi dan mulya disamping hadis-hadis nabi yang banyak memberi dorongan bagi umatnya untuk terus menuntut ilmu.
Di dalam Al qur’an , kata ilmu dan kata-kata jadinya di gunakan lebih dari 780 kali , ini bermakna bahwa ajaran Islam sebagaimana digambarkan dari AL-Qur’an sangat kental dengan kata-kata yang berkaitan dengan ilmu, sehingga dapat menjadi ciri penting dari sudut agama Islam sebagaimana dikemukakan oleh Dr Mahadi Ghulsyani9(1995;; 39) sebagai berikut ;

"Salah satu ciri yang membezakan Islam dengan yang lainnya adalah penekanannya terhadap masalah ilmu (sains), Al quran dan Al –sunah mengajak kaum muslim untuk mencari dan mendapatkan Ilmu dan kearifan ,serta menempatkan orang-orang yang berpengetahuan pada derajat tinggi’’ALLAH s.w.t berfirman dalam AL qur'an surat AL Mujadalah ayat 11 yang ertinya:

“ALLah meninggikan beberapa derajat (tingkatan) orang-orang yang berirman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu (diberi ilmu pengetahuan) dan ALLAH maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”

Ayat di atas dengan jelas menunjukan bahwa orang yang beriman dan berilmu akan menjadi memperoleh kedudukan yang tinggi. Keimanan yang dimiliki seseorang akan menjadi pendorong untuk menuntut ilmu ,dan ilmu yang dimiliki seseorang akan membuat dia sedar betapa kecilnya manusia dihadapan ALLah ,sehingga akan timbul rasa takut kepada ALLah bila melakukan hal-hal yang dilarangnya, hal ini seiring dengan firman ALLAH:

“sesungguhnya yang takut kepada allah diantara hamba –hambanya hanyaklah ulama (orang berilmu) ; (surah faatir:28)

Disamping ayat –ayat Qur’an yang memposisikan Ilmu dan orang berilmu sangat istimewa, AL qur’an juga mendorong umat islam untuk berdo’a agar ditambahi ilmu, seperti terkandung dalam AL qur’an surah Thoha ayat 114 yang artinya “dan katakanlah, tuhanku ,tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan “. dalam hubungan inilah konsep membaca, sebagai salah satu wahana menambah ilmu ,menjadi sangat penting,dan islam telah sejak awal menekeankan pentingnya membaca , sebagaimana terlihat dari firman ALLah yang pertama diturunkan yaitu surat Al Alaq ayat 1 hingga dengan ayat 5 yang ertinya:

“bacalah dengan meyebut nama tuhanmu yang menciptakan. Dia
telah menciptakan Kamu dari segumpal darah .
Bacalah,dan tuhanmulah yang paling pemurah.
Yang mengajar (manusia ) dengan perantara kala .
Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahui.”

Ayat –ayat tersebut , jelas merupakan sumber motivasi bagi umat islam untuk tidak pernah berhenti menuntut ilmu,untuk terus membaca ,sehingga posisi yang tinggi dihadapan ALLah akan tetap terjaga, yang bererti juga rasa takut kepeada ALLah akan menjiwai seluruh aktiviti kehidupan manusia untuk melakukan amal soleh,dengan demikian nampak bahwa keimanan yang disertai denga ilmu akan membuahkan amal ,sehingga Nurcholis Madjd (1992: 130) meyebutkan bahwa keimanan dan amal perbuatan membentuk segi tiga pola kehidupan  yang kukuh ini seolah menengahkan antara iman dan amal .
Dalam membuat rencana bisnis, seseorang atau sebuah tim biasanya melakukan brainstorming. Dalam kegiatan ini semua ide dikeluarkan untuk kemudian dikumpulkan dan dipilih yang paling mungkin untuk dilaksanakan. Dalam brainstorming ini dibutuhkan daya eksplorasi yang bebas, tidak dibatasi pertimbangan biaya atau kemampuan. Namun kadang hal ini memicu perdebatan, karena isi otak seseorang berbeda dengan orang lain. Sehingga pemahaman kita juga belum tentu dapat dimengerti oleh orang lain. Untuk itu, kita memerlukan bahasa penyampaian yang mudah dimengerti oleh banyak orang.
Dalam memulai bisnis, seperti kita ketahui, perlu ada perencanaan yang matang. Sebelum mulai menyusun rencana bisnis, kita perlu mengetahui informasi-informasi yang berhubungan. Hal ini penting, karena dalam menjalankan bisnis, kita harus punya panduan. Apalagi jika ke depannya kita akan berhubungan dengan banyak pihak lain, misalnya investor atau pihak bank. Semua hal yang kita lakukan dan presentasikan di depan para investor haruslah mengacu pada panduan tersebut. Rencana bisnis inilah kunci keberhasilan komunikasi kita dengan investor. Sebagai alat komunikasi, rencana bisnis menentukan apakah usaha kita layak atau tidak layak didukung.
Dalam rencana bisnis, menjadi idealis memang boleh. Namun, jangan lupa bahwa yang terpenting kita perlu menunjukkan letak kekuatan bisnis kita, bahwa usaha yang kita jalani memiliki prospek yang cerah. Gunakanlah bahasa yang sampai di telinga para kalangan investor. Bahasa yang dimaksud adalah bahasa yang dapat ‘merayu’ investor atau kalangan perbankan. Kita perlu menyadari bahwa bisnis bukan hanya sekadar masalah untung-rugi. Para investor ingin mengetahui bahwa bisnis kita punya prospek, bahwa resiko untung-ruginya dapat diukur dan diperkirakan.
Namun, rencana bisnis plan sebenarnya tidak hanya dibuat untuk ditujukan pada para investor. Rencana bisnis penting untuk menjadi panduan kita sendiri dalam melakukan segala rencana dan pelaksanaan usaha, agar setiap pelaksanaan dapat terarah, tidak keluar jalur, dapat dipertanggunjawabkan, diukur, dan dievaluasi kembali. Apalagi untuk jenis usaha kreatif yang idenya terbilang baru. Usaha semacam ini memiliki risiko pergeseran konsep. Dalam prosesnya, akan ada banyak campur tangan berbagai pihak yang menginginkan ini-itu. Berbagai kepentingan dari banyak pihak bisa jadi mengganggu konsep utamanya. Di sinilah rencana bisnis bermanfaat, yakni sebagai alat yang menjaga koridor gerak usaha. Ini adalah tantangan bagi para enterpreneur muda, yakni untuk menjelaskan pada semua pihak agar mereka memiliki perspektif yang sama dengan yang kita miliki.
Sebuah rencana bisnis haruslah matang, terarah, namun tetap sederhana dan mudah dipahami orang lain. Untuk membuatnya, berikut ini adalah tips-tips yang perlu Anda terapkan:
• Rencana bisnis harus mudah dimengerti, memiliki 1 tujuan, dan tercapai dengan cepat.
• Menggunakan sedikit kalimat, tidak hanya singkat tapi juga efisien.
• Memiliki tujuan jelas, hanya menyampaikan fakta dan ide yang relevan.
• Menarik, mudah dimengerti, serta menggunakan gambar dan grafik.
• Menggunakan kata-kata yang sederhana dan disusun dengan model percakapan atau komunikasi interaktif.
• Membawa nuansa optimis dan positif.
• Mengarahkan keputusan pembaca, menegaskan itikad baik, serta mendemonstrasikan pengetahuan dan skill.
• Hindari membuat pernyataan yang tidak mendukung fakta.
• Bersifat obyektif dan dibuat berdasarkan data-data nyata dan akurat serta sumber informasi yang berkualitas. (Ciputraentrepreneurship.com)

tekonolgi informasiEtika Berkomunikasi dengan Jaringan Berbagai cara dapat dilakukan untuk menjalin hubungan dan berkomunikasi dengan jaringan, termasuk diantaranya melalui kelompok diskusi. Kelompok diskusi secara online merupakan sumber yang hebat dalam hal inspirasi dan informasi bagi anda, merupakan tempat yang tepat untuk membangun kontak dari jaringan anda. Untuk bisa memiliki peluang yang bagus, sehingga anda bisa berhasil memanfaatkan jaringan melalui kelompok diskusi ini, berikut ini beberapa catatan yang patut dipertimbangkan. catatan ini sering juga disebut dengan netiket (netiquette) atau etika di internet. * Sediakan waktu anda untuk mengirimkan pewan pertama anda, beradaptasilah dalam beberapa waktu untuk mengenal gaya mereka yang ada di dalam kelompok tersebut dan bacalah arsip diskusi yang telah mereka lakukan, kapan perlu, jika ada FAQ (frequently asked question/pertanyaan dan jawaban dari pertanyaan yang sering diajukan), bacalah dokumen tersebut. * Hindari mengirimkan pengantar tentang diri anda dalam alinea yang panjang, khususnya ketika anda baru saja bergabung dengan mereka, kecuali jika aturan yang mereka tetapkan memang demikian adanya. * Gunakan pengenal diri anda (signature) pada email yang anda kirimkan. Signature ini biasanya berupa beberapa baris pesan yang berisi informasi tentang diri anda dan ditempatkan pada bagian bawah email anda, kecuali jika aturan melarang hal tersebut. * Hindari penulisan pesan pada email dengan SEMUA PESAN DENGAN HURUF BESAR. Gunakan huruf besar tersebut seperlunya. * Tulis dan edit pesan yang akan anda kirimkan ke dalam kelompok diskusi dengan hati-hati, khususnya jika anda baru saja bergabung dengan mereka, karena ini akan mempengaruhi tingkat nilai pribadi anda di dalam forum tersebut. * Hindari mengirimkan file tambahan melalui fasilitas attachment dari email anda, termasuk penggunaan berbagai macam format huruf di dalam pesan anda (juga huruf tebal, miring, dll), karena tidak semua email mendukung fasilitas demikian sehingga pesan yang anda sampaikan akan menghasilkan gaya yang berbeda bagi pembaca lainnya. * Pertimbangkan bahwa pesan yang anda kirimkan adalah untuk semua anggota yang ada di dalam kelompok diskusi tersebut, sehingga jika anda ingin mengirimkan untuk sebagian kecil dari anggota tersebut, gunakanlah jalur pribadi, jangan melalui kelompok tersebut, artinya tujukan email anda tersebut langsung kepada personal yang anda maksud. * Tidak usah mengomentari suatu diskusi yang sedang panas, sampai anda betul-betul diterima oleh anggota diskusi tersebut. * Simpanlah komentar dari diskusi tersebut yang menurut anda ada hubungannya dengan keinginan pribadi anda. * Hindari berkomentar terlalu keras pada pesan-pesan awal anda. * Tampilkan pengetahuan anda, dan tunjukkan wawasan anda, hindari penyampaian hal-hal yang terlalu komersil tentang diri anda. * Tidak usah berkecil hati jika seseorang merendahkan anda di dalam kelompok tersebut, namun belajarlah dari pengalaman. Dan jangan membalas jika anda melecehkan anda. * Sampaikan pesan anda dengan rasa hormat dan menghargai mereka, serta bertoleransilah terhadap ide serta opini yang berkembang. * Jangan sungkan-sungkan untuk meminta pertolongan kepada anggota kelompok diskusi tersebut, terutama jika anda sedang membutuhkan solusi dari mereka. * Buatlah anggota menyenangi anda dan menghargai anda, hindari sindiran tajam terhadap seseorang atau kelompok, terutama dalam rangka menghindari terjadinya kesalahpahaman. * Bangunlah hubungan anda secara individu atau dengan seluruh anggota pada kelompok tersebut. Dan ketika keberadaan anda sudah diterima oleh mereka secara baik, mulailah untuk memperkuat dan memelihara hubungan tersebut. * Jangan hanya diam di dalam kelompok tersebut, usahakan untuk ikut membantu anggota lainnya jika memungkinkan. Hubungan dalam suatu jaringan biasanya berjalan sesuai dengan prinsip kebersamaan, dan saling tolong menolong. * Inglatlah bahwa jaringan dapat terjadi jika pada suatu kelompok diskusi apabila tidak hanya pada suatu karir tertentu atau industri tertentu. Namun seperti halnya keberadaan seseorang dalam suatu lingkungan akan berarti apabila mereka saling berbagi tentang kebisaan mereka. Begitu juga di dalam kelompok diskusi. * Pertimbangkan untuk memulai diskusi pada kelompok tersebut untuk membuat mereka berkomentar. Jika kelompok ini beranggotakan sangat banyak anggota, bisasanya akan sulit untuk mengetahui hal keinginan atau bidang yang spesifik, tidak ada salahnya anda membangun sebuah kelompok baru. ___________ Jack Febrian -- Dosen dan Penulis buku-buku Teknologi Informasi..

Etika Berkomunikasi dengan Jaringan



Berbagai cara dapat dilakukan untuk menjalin hubungan dan berkomunikasi dengan jaringan, termasuk diantaranya melalui kelompok diskusi.

Kelompok diskusi secara online merupakan sumber yang hebat dalam hal inspirasi dan informasi bagi anda, merupakan tempat yang tepat untuk membangun kontak dari jaringan anda.

Untuk bisa memiliki peluang yang bagus, sehingga anda bisa berhasil memanfaatkan jaringan melalui kelompok diskusi ini, berikut ini beberapa catatan yang patut dipertimbangkan. catatan ini sering juga disebut dengan netiket (netiquette) atau etika di internet.

*
Sediakan waktu anda untuk mengirimkan pewan pertama anda, beradaptasilah dalam beberapa waktu untuk mengenal gaya mereka yang ada di dalam kelompok tersebut dan bacalah arsip diskusi yang telah mereka lakukan, kapan perlu, jika ada FAQ (frequently asked question/pertanyaan dan jawaban dari pertanyaan yang sering diajukan), bacalah dokumen tersebut.
*
Hindari mengirimkan pengantar tentang diri anda dalam alinea yang panjang, khususnya ketika anda baru saja bergabung dengan mereka, kecuali jika aturan yang mereka tetapkan memang demikian adanya.
*
Gunakan pengenal diri anda (signature) pada email yang anda kirimkan. Signature ini biasanya berupa beberapa baris pesan yang berisi informasi tentang diri anda dan ditempatkan pada bagian bawah email anda, kecuali jika aturan melarang hal tersebut.
*
Hindari penulisan pesan pada email dengan SEMUA PESAN DENGAN HURUF BESAR. Gunakan huruf besar tersebut seperlunya.
*
Tulis dan edit pesan yang akan anda kirimkan ke dalam kelompok diskusi dengan hati-hati, khususnya jika anda baru saja bergabung dengan mereka, karena ini akan mempengaruhi tingkat nilai pribadi anda di dalam forum tersebut.
*
Hindari mengirimkan file tambahan melalui fasilitas attachment dari email anda, termasuk penggunaan berbagai macam format huruf di dalam pesan anda (juga huruf tebal, miring, dll), karena tidak semua email mendukung fasilitas demikian sehingga pesan yang anda sampaikan akan menghasilkan gaya yang berbeda bagi pembaca lainnya.
*
Pertimbangkan bahwa pesan yang anda kirimkan adalah untuk semua anggota yang ada di dalam kelompok diskusi tersebut, sehingga jika anda ingin mengirimkan untuk sebagian kecil dari anggota tersebut, gunakanlah jalur pribadi, jangan melalui kelompok tersebut, artinya tujukan email anda tersebut langsung kepada personal yang anda maksud.
*
Tidak usah mengomentari suatu diskusi yang sedang panas, sampai anda betul-betul diterima oleh anggota diskusi tersebut.
*
Simpanlah komentar dari diskusi tersebut yang menurut anda ada hubungannya dengan keinginan pribadi anda.
*
Hindari berkomentar terlalu keras pada pesan-pesan awal anda.
*
Tampilkan pengetahuan anda, dan tunjukkan wawasan anda, hindari penyampaian hal-hal yang terlalu komersil tentang diri anda.
*
Tidak usah berkecil hati jika seseorang merendahkan anda di dalam kelompok tersebut, namun belajarlah dari pengalaman. Dan jangan membalas jika anda melecehkan anda.
*
Sampaikan pesan anda dengan rasa hormat dan menghargai mereka, serta bertoleransilah terhadap ide serta opini yang berkembang.
*
Jangan sungkan-sungkan untuk meminta pertolongan kepada anggota kelompok diskusi tersebut, terutama jika anda sedang membutuhkan solusi dari mereka.
*
Buatlah anggota menyenangi anda dan menghargai anda, hindari sindiran tajam terhadap seseorang atau kelompok, terutama dalam rangka menghindari terjadinya kesalahpahaman.
*
Bangunlah hubungan anda secara individu atau dengan seluruh anggota pada kelompok tersebut. Dan ketika keberadaan anda sudah diterima oleh mereka secara baik, mulailah untuk memperkuat dan memelihara hubungan tersebut.
*
Jangan hanya diam di dalam kelompok tersebut, usahakan untuk ikut membantu anggota lainnya jika memungkinkan. Hubungan dalam suatu jaringan biasanya berjalan sesuai dengan prinsip kebersamaan, dan saling tolong menolong.
*
Inglatlah bahwa jaringan dapat terjadi jika pada suatu kelompok diskusi apabila tidak hanya pada suatu karir tertentu atau industri tertentu. Namun seperti halnya keberadaan seseorang dalam suatu lingkungan akan berarti apabila mereka saling berbagi tentang kebisaan mereka. Begitu juga di dalam kelompok diskusi.
*
Pertimbangkan untuk memulai diskusi pada kelompok tersebut untuk membuat mereka berkomentar. Jika kelompok ini beranggotakan sangat banyak anggota, bisasanya akan sulit untuk mengetahui hal keinginan atau bidang yang spesifik, tidak ada salahnya anda membangun sebuah kelompok baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar